Wisata Kuliner Di Pantai Depok

Posted By Cholifah On Monday, June 28, 2010 Under , ,
Pantai Depok terletak di kawasan Pantai Parangtritis. Bila akan berkunjung ke Parangtritis, sebelum masuk ke pintu gerbang Pantai Parangtritis, ada jalan kecil berasapal di sebelah kanan. Ambillah jalan itu dan menyusurinya hingga akhirnya sampai ke Pantai Depok.


Pantai Depok diresmikan sebagai kawasan wisata kuliner oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik pada tanggal 16 Juni 2009. Jero Wacik berpesan agar para pemilik warung menjaga kebersihan dan meningkatkan pelayanan. Wisatawan yang datang akan membawa kenangan dan menceritakan pengalamannya yang didapat di Pantai Depok. Sehingga perlu menjaga agar wisatawan merasa nyaman.




Pantai Depok selama ini sudah menjadi tujuan wisatawan lokal Yogyakarta dan sekitarnya, untuk menikmati masakan laut dan berwisata pantai. Terdapat pasar ikan dan sekitar 40 warung makan. Wisatawan membeli ikan segar di Pasar Ikan atau langsung dari perahu nelayan, selanjutnya jasa memasak oleh warung makan.


Setelah puas menikmati hidangan sea food, kita bisa keluar pantai melanjutkan ekspedisi pantai. Lalu berbelok ke kanan menuju arah Parangkusumo dan Parangtritis. Di sana, akan dijumpai pemandangan alam yang langka dan menakjubkan, yaitu gumuk pasir. Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, kita bisa menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun.




Gumuk pasir yang terdapat di dekat Pantai Depok terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik. Dahulu, ada beragam tipe yang terbentuk, yaitu barchan dune, comb dune, parabolic dune dan longitudinal dune. Saat ini hanya beberapa saja yang tedapat, yaitu barchan dan longitudinal. Angin laut dan bukit terjal di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk.


Subhanalloh ya… di daerah tropis bisa menikmati gumuk pasir…

Post a Comment